Rabu, 30 September 2015

Headlines News :

Informasi Kesehatan Anak - Tips dan Trik Anak Semakin Cerdas dan Hebat

Halo Ayah Bunda. Apa kabarnya. Semakin banyak populasi manusia di dunia ini tentunya menuntut semua orang untuk bisa semakin cerdas, kreatif, dan hebat dalam menghadapi tantangan zaman. So, edisi Informasi Kesehatan Anak kali ini akan membahas mengenai Tips dan Trik Supaya Anak semakin Cerdas dan Hebat.
Informasi Kesehatan Anak - Tips dan Trik Anak Semakin Cerdas dan Hebat/www.indonesia-sehat.com



Perbedaan Otak Kiri dan Otak Kanan

Sebagai informasi kesehatan anak ternyata dua perlima populasi dunia hanya memakai otak kiri. Otak kiri berperan dalam kemampuan membaca,menulis, dan berhitung serta fungsi kognitif lainnya sebagai bentuk berfikir serial. Hanya seperlima populasi dunia yang memanfaatkan otak kanan sebagai bentuk berfikir paralel, lebih menyeluruh, kreatif, intuitif, dan imaginative. Para pemikir otak kanan inilah yang karya-karyanya banyak membantu perkembangan zaman dan membuat kemudahan bagi banyak orang. Namun banyak orang ternama yang telah mengukir namanya yang abadi dalam sejarah, justru dianggap bodoh waktu masih kecil seperti Albert Einstein yang dianggap prestasinya di sekolah sangat jelek, atau Isaac Newton yang dikenal suka melamun di kelas saat sekolah, atau bahkan Charles Darwin si pendekar teori Evolusi yang tidak suka belajar saat sekolah. Namun nama-nama mereka terukir indah dalam sejarah kemajuan pendidikan dunia. Jadi jangan terburu-buru menganggap  remeh anak jika anak kurang konsentrasi belajarnya atau memiliki sedikit kenakalan yang masih wajar dari seorang anak.
   
Ayah Bunda mari gunakan bahasa kasih sayang yang penuh kelembutan serta ketulusan saat berbicara dengan anak agar anak bisa berkembang otaknya. Karena otak kanan anak hanya merespons kata-kata yang baik,menyenangkan, dan penuh cinta kasih dari orangtuanya.

Tanggapan Ahli Kesehatan

Menurut para ahli kesehatan, fungsi otak kanan lebih dominan sampai anak berusia 3 tahun. Setelah itu, fungsi otak kiri mulai berangsur-angsur mengambil alih. Kemudian setelah anak berusia 6 tahun, fungsi otak kirinya yang lebih dominan seperti halnya orang dewasa.

Anak-anak yang lebih dominan otak kirinya memang lebih berhasil di masa-masa awal pendidikan dasar, tapi saat melanjutkan sampai jenjang tertinggi, otaknya terlalu cape karena dipaksa bekerja keras dan kurang kreatif. Jadi IQ tinggi anak di waktu kecil belum tentu sebagai jaminan sukses di masa depan. Sedangkan otak kanan memiliki kapasitas belajar yang luar biasa dan apabila dikembangkan akan membuat seseorang memiliki intuisi dan kemampuan imajinasi dan kreatifitas yang tinggi.

Anak-anak yang otak kanannya sudah aktif sejak kecil, maka otak kirinya tidak dipaksa bekerja terlalu keras. Karena otak kanannya sudah aktif, maka pada saat anak tersebut dewasa akan terjadi keseimbangan antara otak kiri dan otak kanannya. Anak-anak sehat yang seperti ini akan bisa meningkatkan IQ, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual dan kecerdasan majemuk lainnya. Itulah sebabnya anak genius dianggap sebagai orang yang mampu menyeimbangkan antara otak kiri dan otak kanannya.

Tips dan Trik Anak Semakin Cerdas dan Hebat

Informasi kesehatan ini mensinyalir bahwa mendengarkan musik sebagai salah satu cara merangsang otak kanan. Maka stimulus ini mampu membuat anak semakin pintar melebihi orang lain.

Selain nutrisi, stimulasi memegang peranan sangat penting dalam memaksimalkan kecerdasan anak.
Stimulasi diperlukan agar hubungan antarsel saraf otak (sinaps) dapat berkembang. Sinaps ini akan menghilang secara spontan bila tidak diasah. Maka jika Ayah Bunda menginginkan anak sehat dengan kecerdasan multiple harus dilakukan perangsangan (stimulus) sejak dini dalam kandungan sampai umur 3 tahun terus menerus, setiap hari, penuh kasih sayang, penuh kegembiraan, bervariasi dan teratur, serta merangsang otak kiri dan otak kanan bersama-sama.

Contoh stimulasi sederhana bisa dilakukan mulai dari memberikannya senyuman, menciumnya, bermain, hingga memberikannya pijatan khusus guna merangsang saraf motorik, memperbaiki pola tidur,membantu pencernaan dan menyehatkan otot-otot bayi.

Stimulasi yang lain yaitu dengan menghindari melarang anak yang berumur tiga tahun untuk mengerjakan sesuatu yang tidak membahayakan dirinya. Bila anak terlalu sering dilarang oleh Ayah Bunda, hal ini bisa menghambat kreatifitasnya.  Anak-anak memiliki otak kanan yang lebih dominan sampai berusia 6 tahun sehingga larangan sangat mempengaruhi kreatifitas anak.

Stimulasi yang lain, yaitu dengan membiarkannya bergaul yang baik dengan lingkungan di sekitarnya sejak dini, baik dengan teman seusianya,orang yang lebih tua atau yang lebih muda, bukan hanya sekolah saja. Keterampilan sosial ini justru biasanyaa akan lebih mendukung anak untuk meraih cita-cita dan kesuksesannya. Karena anak akan memiliki banyak teman, percaya diri dalam bergaul, menghargai lawan bicara, mempunyai sikap empati, tidak egois artinya selalu peduli dengan orang lain, mudah menerima hal-hal baru, dan yang pasti kreatif.

Jadi Ayah Bunda, sudah bukan zamannya membiarkan anak hanya dikonsentrasikan pada prestasi akademik (otak kiri) saja. Hargailah kecerdasan-kecerdasan anak yang lainnya. Gali semua kecerdasan dalam diri (otak kanan) anak Ayah Bunda, entah itu bernyanyi, menari, melukis, berdeklamasi, bergaul atau di bidang olahraga. Dengan mengasah minat dan bakat anak, maka suatu saat ia dapat meraih cita-citanya dengan gemilang dan hidup lebih bahagia.

Ayah Bunda mulai dari sekarang mari kita sempatkan waktu sejenak saja walau di sela-sela kesibukan harian kita untuk selalu bersama buah hati kita. Ajak mereka untuk melakukan berbagai aktivitas mengasikkan untuk menyeimbangkan otak kiri dan otak kanannya. Sesuaikan aktivitas anak yang sehat tersebut dengan minat,kemampuan dan kondisi tubuh anak. Minta mereka untuk menemukan sesuatu (perasaan) yang lain, unik, aneh dari aktivitas mereka yang mampu menyegarkan otak. Namun yang terpenting anak harus melakukan aktivitas permainan untuk menyegarkan otak ini dengan sukacita dan tidak ada unsur paksaan.


Lima Contoh Cara Menstimulasi Otak Anak 

1. Berlatih berbicara di depan umum

     Informasi kesehatan dalam bahasan ini, Ayah Bunda bisa merangsang anak berbicara lewat mengobrol,diskusi,debat, dan mengajaknya mengikuti seminar, menonton pidato atau kampanye.

     Anak yang berani adalah anak yang mampu menghadapi tantangan dan tanpa putus asa mencari solusi dari setiap tantangan yang ada di depan matanya. Beri terus dukungan dan kepercayaan saat anak mencoba sesuatu yang baru. Walaupun gagal tetap berikanlah dukungan penuh untuknya. Tunjukkan kehangatan, dukungan, dorongan, dan konsistensi kita untuk terus menjadikannya berani berbicara di depan umum.

2. Menulis buku diary 

     Menulis akan membuat ingatan kita semakin tajam. Menulis buku diary adalah salah satu peredam stress yang baik untuk anak.  Aktivitas menuliskan curahan hati acap kali lebih manjur dan melegakan daripada pengungkapan secara verbal dengan kata-kata. Belajar sambil menulis yang dilakukan ini dapat membantu menciptakan “memori motorik” yang membantunya untuk belajar lebih baik. Memori motorik ini terbentuk karena adanya hubungan antara membaca dan menulis. Jadi jika kita menulis, otak mendapatkan umpan balik dari otot-otot yang melakukan pekerjaan melalui rangkaian pekerjaan yang dilakukan tangan dan mata, sehingga terbentuk memori yang lebih baik.

3. Memelihara Binatang

     Menurut studi para ahli, ternyata binatang peliharaan mampu menurunkan stress anak karena binatang tersebut memberikan cinta tak bersyarat. Kadang-kadang ada anak yang sedih atau marah lari ke binatang peliharaan. Jadi jika memungkinkan Ayah Bunda, biarkan anak memiliki binatang peliharaan seperti kucing di rumah.

4. Bersepeda melatih keseimbangan otak kiri dan otak kanan

     Salah satu cara menstimulasi otak anak adalah dengan bersepeda. Sebisa mungkin ajak anak untuk belajar sepeda sejak dini. Bermain sepeda melatih keseimbangan tubuh dan keberanian anak, Pilihlah sepeda yang sesuai dengan usia dan kemampuan anak. Jika anak belum bisa menggowes pilihlah sepeda roda tiga dengan dorongan. Tapi jika anak sudah mampu menggowes biarkan dia menggowes sendiri secara perlahan, lalu meningkat ke sepeda roda empat dan roda dua jika sudah bisa menaikinya. Ukuran sepeda yang dipilih hendaknya yang nyaman. Anak pun bisa diberikan helm sepeda supaya terasa lebih aman.

5. Menikmati Tamasya dan Liburan Berkesan

     Udara segar tentunya dapat menyegarkan pikiran dan mengurangi kepenatan akibat aktivitas harian kita maupun anak.  Ajak anak mengunjungi kebun buah atau kebun pertanian untuk memetik buah sendiri. Atau bisa juga mengajak anak mengikuti acara sosial atau ikut tur yang membuat anak bergaul dengan keluarga lainnya. Atau bahkan ajak anak untuk memanjat pohon. Bila kebetulan Ayah Bunda memiliki pohon buah-buahan yang sedang berbuah, sekali-kali tidak ada salahnya anak memetiknya bersama teman-temannya, baik di lingkungan rumah ataupun di sekolah. Selain kegiatan tersebut melatih kegesitan,motorik,kewaspadaan,keseimbangannya dan bisa juga memandang lingkungannya dari tempat yang lebih tinggi. Apalagi jika Ayah Bunda sering mengajaknya berwisata ke alam terbuka. Hal ini akan membuat kecerdasan naturalism anak meningkat dan tentunya lebih peduli pada isu lingkungan. Anak pun akan lebih peka terhadap isu-isu bencana alam,penebangan hutan,pemanasan global,sampah dan sebagainya. Dengan begitu suatu hari anak bisa menemukan solusi lebih baik untuk menyelesaikan masalah lingkungan.

     Nah Ayah Bunda siapkah menjadi orangtua teladan yang menjadikan anak sehat menjadi semakin cerdas dan hebat. Mari sama-sama belajar mengaktifkan kecerdasan majemuk mereka (linguistic,logis matematis,visual spasial,musik,kinestetik,intrapersonal,interpersonal,naturalis) dalam diri anak secara perlahan namun pasti sehingga otak kiri dan otak kanannya menjadi seimbang. Ingatlah mudah-mudahan suatu hari nanti anak kita semua mungkin saja menjadi salah satu orang yang dikagumi di masyarakat sekitarnya dan membawa perdamaian. Aaamiiiin. 


Zinc Tablet For Children & Adults
Bisa dikonsumsi untuk mengatasi penurunan kecerdasan & kekebalan tubuh anak atau orang dewasa, meningkatkan nafsu makan. Zinc Tablet For Children & Adults dikenal sebagai Bunga kehidupan dan unsur kepintaran. 




Khasiat dan Kegunaannya :
  • Meningkatkan IQ anak,mencegah pertumbuhan terhambat
  • Meningkatkan Nafsu makan,kekebalan tubuh dan regenerasi jaringan
  • Memacu pertumbuhan tinggi dan berat badan remaja, memelihara daya penglihatan
  • Memperbaiki gejala tidak nafsu makan,jerawat, ulkus rongga mulut
  • Merupakan unsur penting untuk menjaga organ seksual dan pertumbuhan normal organ seksual, mencegah infertilitas,disfungsi seksual, dan menghambat AIDS



Isi per kemasan : 30 tablet dan 60 tablet

informasi pemesanan bisa menghubungi
Tri 089687264595 (WhatsApp)


2.Cara Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Anak

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi :
Triani Mustika
email : triani0409@gmail.com

facebook fanpage :
https://www.facebook.com/pages/Indonesia-Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar